Rabu, 11 Mei 2011

RAGAM KONSELING BERDASARKAN TAHAP PERKEMBANGAN KONSELI


                   

A.  Konseling Pada Anak
Pada umumnya orang berpendapat bahwa masa kanak-kanak merupakan masa yangterpanjang dalam rentang kehidupan yaitu, saat individu tidak berdaya dan bergantung pada orang lain. Pada masa ini timbul tuntutzn-tuntutan dari masyarakat agar anak menguasai keterampilan-keterampilan yang berguna dalam kehidupannya khususnya mengurus dirinya sendiri.
      Macam-macam Konseling Pada Anak
a). Konseling Anak Usia Dini (2-5 tahun)
b). Konseling Anak Pada Middle Childhood (5-9 tahun)
c). Konseling Praremaja (9-12 tahun)
            Teknik Untuk Membantu Anak Dalam Konseling
Beberapa teknik yang digunakan untuk membantu anak yang mengalami traumatik atau stres yaitu dengan (1) konseling melalui bermain, (2) friendship group (kelompok teman sebaya), (3) eksplorasi dari isi mimpi anak sebagai sarana untuk masuk dalam pikiran dan perasaan yang mungkin tidak disadari anak, (4) menggunakan board games dan aktivitas formal lainnya.
      Fungsi Konselor Anak
1)Melaksanakan Tes
2)Menulis dan Menyimpan Berbagai Catatan
3)Melakukan Rujukan dan Penempatan



B.  Konseling Pada Remaja
Pada masa remaja terjadi perubahan fisik dan kepribadian yang signifikan dan berdampak pada perubahan emosional yang besar. Periode yang berlangsung antara usia 12-18 tahun ini sering disebut masa yang penuh gejolak yaitu masa yang penuh dengan pemberontakan (revolt and rebel).
      Konseling Dengan Remaja
            Dalam melakukan konseling konselor harus memahami karakteristik remaja, karena remaja merupakan kelompok yang unik. Rasa kebingungan dalam menemukan identitas dirinya dan ingin memperoleh kebebasan, mengakibatkan remaja berperilaku sangat menentang dan pemberontak namun bisa juga menjadi penurut dan penuh kasih sayang. Hal ini yang membuat koseling atau bimbingan dari konselor diperlukan.
      Bentuk-bentuk Konseling Pada Remaja
1. Berbagai bentuk konseling kelompok
2. Tes dan Observasi
            Peran konseling dalam masa remaja
            Sebagai masa peralihan yaitu konselor memfasilitasi konseli agar konseli tersebut bisa menemukan jati dirinya yaitu dengan menganalisa segala kekurangan dan kelebihan serta potensi yang dimilikinya sehingga konseli dapat menemukan identitasnya.
Sebagai masa perubahan yaitu memberikan motivasi kepada konseli agar bisa menerima perubahan-perubahan yang terjadi pada dirinya secara positif.
Sebagai masa dimana individu mencari identitas diri yaitu memberikan bantuan agar individu dapat memahami dirinya, mengenal diri sendiri, serta menerima diri sendiri. Dengan begitu individu dapat mengetahui sikap-sikapnya, sifat-sifatnya dan kemampuannya.

C. Konseling Pada Orang Dewasa
Konseling pada orang dewasa juga dibutuhkan, karena pada masa dewasa akan terus berlanjut dan terjadi banyak konflik intrapersonal dan interpersonal yang mengganggu proses adaptasi. Dalam hal ini tugas konselor adalah memaksimalkan pertumbuhan dan kemampuan coping pada klien dan membantu mengeksplorasi berbagai area dalam kehidupan yang dirasakan tidak berfungsi dengan baik.



Bentuk dan cara konseling pada orang dewasa
            Bentuk konseling yaitu menggunakan komunikasi verbal langsung dalam kelompok atau secara individual yang meliputi permainan atau aktivitas yang dapat menimbulkan efek terapeutik, penggunaan seni, musik, dan literatur. Standar konseling secara umum adalah melalui bahasa, karena bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif dalam konseling orang dewasa.
D. Konseling Usia Madya
             Konseling pada usia madya lebih mudah daripada konseling pada usia-usia lainnya. Hal itu disebabkan dalam usia madya, seseorang telah dapat melihat tujuan dengan jelas, mempunyai gambaran tentang masa depan, serta kondisi keuangan yang telah mapan
E.  Konseling Pada Orang Lanjut Usia
Masa lanjut usia sering dipandang sebagai masa penarikan diri dari pekerjaan dan hubungan dengan lingkungan sosial, karena pada masa lanjut usia mengalami kemunduran. Hasil-hasil penelitian yang baru menyadari adanya potensi-potensi positif yang dimiliki oleh orang yang memasuki usia tua.
            Rogers menekankan bahwa manula adalah hipokondriak dan terobsesi pada kemunduran fisik dan penyakit. Penelitian ini menemukan bahwa penyesuaian diri cenderung stabil sepanjang kehidupan seseorang. Jadi konselor untuk lansia kiranya memikirkan pendapat Rogers ini, karena akan sangat memengaruhi sikap, tindakan, dan pendekatannya kepada lansia.
Kesimpulan:
            Setiap tahap perkembangan usia yaitu usia kanak-kanak, remaja, dewasa, madya, dan lanjut usia memiliki karakteristik yang berbeda dan menghadapi berbagai pengalaman hidup yang berbeda. Sehingga dalam hal ini dibutuhkan proses konseling yang sesuai dengan tahap perkembangan konseli. Yaitu proses konseling yang dapat membantu konseli dalam menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi.


SUMBER:
http://fighterskies.blogspot.com




                        HERU PRASTYO

                        100111404531

                        BK-B


                        RAGAM KONSELING BERDASARKAN JUMLAH KONSELI



A. Konseling Individual
            Konseling individual adalah proses belajar melalui hubungan khusus secara pribadi dalam wawancara antara konselor dan seorang konseli (siswa). Konseli mengalami kesukaran pribadi yang tidak dapat ia pecahkan sendiri, kemudian ia meminta bantuan konselor sebagai petugas yang professional dengan jabatannya dengan pengetahuan dan keterampilan psikologi. Konseling ditujukan pada individu yang normal, yang menghadapi masalah dalam pendidikan, pekerjaa, dan social dimana ia tidak dapat memilih dan memutuskan sendiri. Oleh karena itu, konseling hanya ditujukan kepada individu yang sudah menyadari kehidupan pribadinya.
      Tahap Awal Konseling
1)   Membangun hubungan konseling dengan melibatkan konseli yang mengalami masalah;
2)   Memperjelas dan mendefinisikan masalah;
3)   Membuat penjajakan alternative bantuan untuk mengatasi masalah;
4)   Menegosiasikan kontrak.
       Tahap Pertengahan (Tahap Kerja)
Berdasarkan kejelasan masalah klien yang disepakati pada tahap awal, kegiatan selanjutnya adalah memfokuskan pada: 1) penjelajahan masalah yang dialami klien, dan 2) bantuan apa yang akan diberikan berdasarkan penilaian kembali apa-apa yang telah dijelajah tentang masalah klien. Cavanagh (dalam Achmad Juntika, 2005) menyebut tahap ini sebagai tahap action.
      Tahap Akhir Konseling
Cavanagh (dalam Achmad Juntika, 2005) menyebut thap ini dengan istilah termination. Pada tahap ini, konseling ditandai oleh beberapa hal berikut ini.

a)   Menurunnya kecemasan klien. Hal ini diketahui setelah konselor menanyakan keadaan kecemasannya.
b)   Adanya perubahan perilaku klien ke arah yang lebih positif, sehat, dan dinamik.
c)   Adanya tujuan hidup yang jelas di masa yang akan datang dengan program yang jelas pula.
d)   Terjadinya perubahan sikap yang positif terhadap masalah yang dialaminya, dapat mengoreksi diri dan meniadakan sikap yang suka menyalahkan dunia luar, seperti orang tua, teman, dan keadaan yang tidak menguntungkan.

B.  Konseling Kelompok
Konseling kelompok merupakan upaya bantuan kepada peserta didik (siswa) dalam rangka memberikan kemudahan dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Selain bersifat pencegahan, konseling kelompok dapat pula bersifat penyembuhan.
Penyelenggara konseling kelompok memerlukan persiapan dan praktik pelaksanaan kegiatan yang memadai, urutan konseling kelompok:
1)         Langkah Awal
2)         Perencanaan Kegiatan
3)         Pelaksanaan Kegiatan
4)         Evaluasi Kegiatan
5)            Analisis Dan Tindak Lanjut

Kesimpulan
Ragam konseli berdasar jumlah konseli dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Konseling kelompok
Merupakan upaya bantuan kepada peserta didik (konseli) dalam rangka memberikan kemudahan dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Selain bersifat pencegahan, konseling kelompok dapat pula bersifat penyembuhan.
Ada beberapa tahap dalam konseling kelompok:
1.    Tahap pembentukan
2.    Tahap peralihan
3.    Tahap kegiatan
4.    Tahap akhir

2. Konseling Idividual
Merupakan proses belajar melalui hubungan khusus secara pribadi dalam wawancara antara seorang konselor dan seorang konseli.
Ada beberapa tahap dalam konseling ini:
·         Tahap awal
·         Tahap pertengahan
·         Tahap akhir

SUMBER:
http://fighterskies.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar